Ingin Pasang Sendiri CCTV di Rumah? Ikuti 4 Langkah Mudah Ini!

Closed Circuit Television atau CCTV kini tak hanya dipasang di instansi pemerintah atau swasta, tetapi juga kompleks perumahan. Dengan sistem yang disediakan kamera pengawas, Anda dapat memantau setiap pergerakan yang terjadi di sekitar tempat tinggal. Harga CCTV yang semakin terjangkau pun akan memudahkan Anda dalam memilih dan membelinya. Di sisi lain, hargabukan satu-satunya faktor yang perlu Anda perhatikan saat hendak memasang kamera pengawas. Berikut ini ada tip mudah yang dapat Anda terapkan di rumah.

  1. Jenis CCTV sesuai kebutuhan

Karena terlalu sibuk mempertimbangkan harga CCTV, kadang pembeli absen menyesuaikan kebutuhan dengan fitur yang tersedia. Maka, sebelum berangkat ke toko CCTV, pastikan Anda sudah memahami area/zona yang hendak dipantau. Kamera pengawas jenis dome dan bullet cocok untuk pengawasan di dalam ruangan. Sementara kamera pengawas dengan fitur inframerah, walau harga yang dipatok mahal, sesuai dengan keperluan pemindaian luar ruangan.

  1. Pastikan posisi pemasangan CCTV

Berkaitan dengan poin sebelumnya, posisi Anda menempatkan CCTV juga mempengaruhi tingkat sistem keamanan di rumah. Apa Anda ingin memantau dari jarak jauh atau dekat? Apakah kamera pilihan Anda dilengkapi infrared atau tidak? Apakah ada harga tambahan untuk pemasangan? Setelah menyesuaikan harga CCTV dengan bujet lainnya, Anda dapat menentukan titik pemasangan kamera pengawas dengan kebutuhan yang sudah ditargetkan.

  1. Menentukan target yang diawasi

Kendati canggih, performa maksimal CCTV tetap tak akan setara dengan harga kalau Anda melewatkan penentuan target objek yang diawasi. Tindakan tersebut akan memudahkan Anda mengawasi sekaligus mengoptimalkan pemindaian pada area yang ditargetkan. Standar penempatan yang dipasang umumnya mengikuti ketinggian hunian dengan sudut kurang lebih 100o-115o. Jangan sampai harga CCTV yang Anda bayarkan tidak memadai gara-gara absen memeriksa posisi target.

  1. Kamera pengawas di luar ruangan

Harga CCTV outdoor memang relatif mahal, tetapi harga tersebut setara dengan fitur dan hasil rekaman yang diberikan. Kendati demikian, Anda harus memprioritaskan peletakkan CCTV tersebut. Lokasi paling aman untuk kamera pengawas di luar ruangan adalah di bawah atap atau area terlindungi lainnya. Posisi ini akan memproteksi perangkat dari paparan hujan, sinar matahari, hingga embusan angin. Kemudian, oknum yang hendak menginvasi rumah pun akan kesulitan menjangkau dan merusaknya.

Selain tip pemasangan, pastikan Anda juga menghindari kesalahan-kesalahan seperti:

  1. Melupakan survei atau audit keamanan

Dalam hal ini, Anda bukan hanya memeriksa keamanan di lingkungan kompleks perumahan, melainkan rumah Anda sendiri. Jangan sampai Anda memasang CCTV, tetapi posisinya tidak mengarah ke tempat-lokasi yang berpotensi dijarah seperti lemari pakaian (tempat menyimpan perhiasan), alat-alat elektronik, dan lain sebagainya. Karena, harga yang harus Anda bayar atas kehilangan barang-barang berharga tak akan setara dengan harga CCTV yang Anda beli.

  1. Perencanaan yang terkesan tergesa-gesa

Perencanaan yang kurang matang juga akan menurunkan tingkat keamanan. Apalagi kalau Anda hanya tergiur harga CCTVmurah tanpa memperhatikan fitur dan kebutuhan yang sesungguhnya. Banyak tindak kiriminal yang tetap terjadi walaupun rumah yang dirampok sudah memasang CCTV terbaik. Maka, akan lebih baik bila Anda mempertimbangkan aspek seperti harga, posisi penempatan, tipe kamera pengawas, hingga jarak pemantauan sebaik mungkin dan sesuai keperluan untuk meningkatkan keamanan rumah.

Semoga tip pemasangan kamera pengawas di atas membantu Anda dalam menentukan jenis hingga anggaran untuk pembelian perangkat tersebut.